Jumat, 23 April 2010

Menjaga Lingkungan Demi Kesehatan

Menjaga LingkunganDemi Masa Depan
Lingkungan adalah tempat beraktifitas atau tempat berinteraksi semua makluk hidup.
Maka oleh sebab itu kita sebagai generasi muda harus menjaga lingkungan supaya aman,
Nyaman,indah,bersih,dan sehat,tetapi janganlah sekali-kali kita merusaknya supaya dampak buruknya tidak menyerang kepada semua makluk hidup di muka bumi ini.
Lingkungan yang rusak biasanya disebabkan oleh udara kotor yang bercemar polusi kendaraan bermotor ,selain itu juga lingkungan yang rusak bisa juga disebabkan oleh sampah-sampah rumah tangga.
Dampak dari volusi kendaraan dan sampah bisa menyebabkan banjir,longsor dan bisa juga menyebabkan tanah menjadi tidak subur lagi.
Selain merusak lingkungan ternyata bisa juga menyebabkan global warning yaitu menipiskan lapisan ozon karena pemanasan global,akibatnya cuaca di muka bumi ini menjadi tidak seimbang dan tidak teratur.
Maka dengan ini kita sebagai generasi muda,generasi penerus bangsa harus bisa memelihara lingkungan dengan sebaik-baiknya.apalagi kita tinggal disuku sunda yaitu kota bandung yang terkenal dengan bandung “KOTA KEMBANG”tetapi sekarang nama itu seperti di telan ombak karena kota bandung yang dukunya kota kembang kini berubah menjadi bandung kota polusi kendaraan,selai itu juga bandung terkenal dengan sebutan “BANDUNG LAUTAN API”.
Tapi di jaman moderen ini nama itu berubah menjadi bandung lautan sampah.
Apakah kalian tidak malu dengan sebutan itu?pasti malu kan,oleh sebab itu kita sebagai generasi harus menanggulangi kota bandung yang rusak ini menjadi kota yang indah,bersih dan seperti motto kota bandung yaitu “REPEH RAPIH KERTARAHARJA LOH JINAWI”
Kita dapat menanggulangi kota bandung dengan beberapa jurus yaitu:
- yaitu pertama: kita harus menanam tanaman yang hijau-hijauan seperti pepedangan walaupun harganya relative murah tapi keuntungannya dapat menyerap kerbondioksida dari asap polusi kendaraan motor.
- yang kedua: kita harus melakukan reboisasi atau sekarang terkenal dengan cara ini kkita akan mendapatkan lingkungan yang indah dan asri lagi selain itu juga bisa menanggulangi bencana banjir,longsor dan tanah pun bisa menjadi subur lagi.
- yang ketiga: mengurangi limbah rumah tangga seperti mengurangi penggunaan ditergen yang berlebihan dan menggantinya dengan sabun batang karena kandunga kimia dalam sabun ini lebih mudah daripada detergen.
Karena sebenarnya kandungan kimia yang tinggi inilah yang mengakibatkan pengkisan tanah dan tanah pun menjadi tidak subur sehingga tanaman yang terairi datergen terganggu bahkan tanaman pun bisa sampai mati. – yang keempat: membuang sampah pada tempatnya denga cara memisahkan sampah organik dan sampah non organik.
Sampah organik bisa bermanfaat bagi petani karena sampah organic bisa dibuat pupuk caranya kumpulkan dedaunan kering bij-bijian.,kulit-kulitan kemudian siram dengan sedikit air yang dicampur bahan kimia kemudian simpan ditempat yang tertutup.setelah seminggu dapat dipakai sebagai media pupuk alami.
Sampah non organik bagi sebagian orang tidak bermanfaat tapi bagi orang yang mengerti dan rajin,sampah non organic seperti pelastik bekas detergen bisa dibuat menjadi tas belanja,Koran bekas didaur ulang menjadi kertas lagi dan bisa jadi berbagai bentuk benda seperti:bingkai foto,hiasan dinding,mani-manik,cindera mata dan lain sebagainya.
Keempat jurus yaitu tadi selain menanggulangi lingkungan yang rusak tetapi bisa mencegah pemanasan global maka dengan ini kita sebagai generasi muda yang masih kuat janganlah sekali-kali gengsi membuang sampah karena buat kita juga bukan?
Supaya lingkungan kita juda nyaman tinggal dikota ini bersih tampa sampah dan bebas dari banjir.
Demi kesehatan kita agar dimasa depan,nanti anak dan cucu kita tidak menyalakhkan kita maka dengan ini selamatkanlah dunia dari kerusakan alam semesyta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar